Selasa, 10 Mei 2016

Pengalaman dan Tips Mengikuti Ujian AcEPT UGM



Pengalaman dan Tips Mengikuti Ujian AcEPT UGM

Hallo Good People ^_^ 





APA ITU AcEPT ?

Kalau saya sedikit melakukan flashback, sudah hampir selama setahun saya tidak pernah memposting di blog ini. Banyak sebabnya. Mulai dari kesibukan pribadi saya (Sekarang saya mengajar di salah satu sekolah swasta dengan jadwal yang lumayan padat), kuota internet yang terbatas karena keseringan khilaf nonton streaming youtube, hingga faktor utama, MALAS. Iya, benar sekali sob, rasa malas untuk ngotak-atik blog lagi yang entah sejak kapan muncul, menjadi faktor saya menelantarkan blog ini hingga setahun lebih.  Jadi, hingga titik ini baru rasa malas tersebut hilang dan mendorong saya untuk ngeposting lagi. (Ini kenapa malah curhat begini ya, gak sesuai ama judul nya -_-).


Oke, jadi di postingan kali ini saya akan membagi sedikit banyak pengalaman saya dalam mengikuti ujian AcEPT UGM pada 20 April kemaren. Bagi yang belum tahu, AcEPT merupakan kepanjangan dari Academic English Proficiency Test, merupakan sebuah test yang harus dilalui oleh calon mahasiswa program S2 agar memenuhi syarat diterima di program pascasarja Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogya. Tes AcEPT sendiri diadakan setiap minggu nya, pada hari Rabu, bertempat di gedung Pelatihan Bahasa UGM lantai 2 dan 3. Saya sendiri pun mengikuti tes AcEPT ini karena hendak melanjutkan studi S2 di program Filsafat UGM. 


Secara garis besar, saya menyimpulkan bahwa tes AcEPT ini merupakan modifikasi dari tes TOEFL yang selama ini kita kenal. Ada beberapa perubahan atau tambahan dalam tes AcEPT ini yang mana membedakan ia dari tes TOEFL


CARA MENDAFTAR TES ACCEPT

Untuk mendaftar tes AcEPT caranya cukup mudah,yang pertama kita harus menuju bank BNI terdekat, cabang manapun untuk membayar registrasinya sebesar Rp. 125.000,-. Masuk aja ke Bank nya, ambil nomor antrian, kemudian nanti bilang aja ke petugas nya “ MAs/Mbak, mau bayar untuk ujian AcEPT UGM, kode host nya 4141. (Pengalaman saya kemaren petugasnya tidak mengerti apa itu AcEPT karena belum pernah ada yang membayar ujian itu sebelumnya di sana, jadi sebut aja kode host nya, 4141). Setelah itu kita akan diberikan semacam bukti serah terima pembayaran, yang disitu tertera password yang akan kita gunakan untuk mendaftar AcEPT via online.  


Nah, setelah selesai membayar di BNI, langsung buka laptop atau HP, kemudian buka Www. Acept. UGM.ac.id. Isi kolom yang ada dengan tanggal lahir dan password yang tertera di slip pembayaran, kemudian isi kolom biodata yang ada, dan submit. Pendaftaran selesai. Setelah itu kita bisa mengeprint sendiri kartu ujian nya, dan disitu akan tertera waktu dan tempat pelaksanaan ujian


Pengalaman saya kemaren, pendaftaran untuk tes AcEPT itu terbatas kuotanya, hanya 250 peserta dalam satu gelombang. Jadi ketika mendaftar kita harus cepat-cepatan, karena yang pengen mendaftar untuk tes AcEPT juga banyak. Pendaftaran akan dibuka pada hari Jum’at tiap minggu nya, jam 09.00 tepat. Usahakan cari tempat yang memiliki koneksi internet yang stabil. Saya sendiri kemaren numpang di kos an pacar (Sekarang dah jadi mantan, kita putus, hiks hiks, Baper,trus gantung diri di pohon cabe)  karena disana wifi nya kencang, sementara di kos an saya wifinya ngadat-ngadat. Tepat ketika jam 09.00 saya mendaftar dan selesai mendaftar jam 09.03 ( saya masih inget detail waktunya). Dan waktu itu yang mendaftar sudah mencapai 96 orang. WTF. Dalam waktu 3 menit saja, sudah hampir setengah kuota peserta terisi. Saya buka lagi web nya pada jam 09.15  tertera disana bahwa pendaftaran sudah ditutup, kuota peserta sudah terisi penuh. So, pastikan kamu mendaftar tepat pada waktu pendaftaran dibuka, jangan sampai telat. 


Owh ya, slip pendaftaran yang kita terima dari Bank setelah membayar bisa digunakan untuk mendaftar tes AcEPT pada pada periode manapun.



BENTUK DAN JUMLAH SOAL AcEPT.

Soal AcEPT terdiri dari lima part atau bagian yaitu : Listening, Vocabulary, Structure and Grammar, Reading, dan Composing. Ujian dilaksanakan selama tiga jam, mulai dari jam 08.00 hingga 11.00. Jumlah soal ada 170 dengan komposisi sebagai berikut :

Listening : 20 Soal. DIkerjakan dalam waktu 15 menit

Vocabulary : 30 Soal . Dikerjakan dalam waktu 20 menit

Structure and Grammar : 40 Soal. Dikerjakan dalam waktu 30 menit

Reading : 40 Soal. Dikerjakan dalam waktu 40 menit

Composing : 40 Soal. Dikerjakan dalam waktu 40 menit


Setiap soal accept bernilai 2,5 point, dan syarat untuk lulus agar bisa mendaftar program S2 ialah 209. Sehingga paling tidak kita harus benar dalam 85 soal agar mecapai nilai minimal lulus.

Listening


Bagian Listening dalam AcEPT ialah urutan pertama yang diujikan dalam tes ini. Terdiri dari 20 soal dalam waktu 15 menit. Soalnya sendiri terdiri dari dua jenis. Pada nomor 1-10, peserta akan mendengar sebuah narasi pendek yang disampaikan oleh pembicara, kemudian peserta akan memilih dari empat opsi pilihan ganda, yang mana yang paling sesuai dengan maksud pembicara. Oh ya, pembicara dalam materi listening menggunakan Native speker, jadi pengucapan nya bagus dan tepat. Hanya saja, mungkin karena pengaruh sound system yang kurang bagus, suara yang saya dengar ketika ujian kemaren agak kurang  jelas, kresek kresek gitulah, tapi masih bisa ditangkap maksudnya apa. Pada nomor 11-20, akan ada percakapan antara dua orang. Disini kita harus memilih diantara opsi pilihan ganda, yang mana yang paling sesuai dengan inti dari percakapan tersebut. 


Tips

-Sesuai namanya, Listening memang dirancang untuk mengetes seberapa peka telinga kita dalam mendengar dan memahami percakapan dalam bahasa Inggris. Banyak-banyak saja berlatih dengan menggunakan soal Toefl Listening pada umum nya. Atau banyak-banyak mendengar lagu bahasa Inggris (Sebelum ujian saya sendiri lagi ngefans ama lagu lagu Maroon 5 dan Ed Sheeran :p ) dan menonton film Barat tanpa subtitle.


-Jangan lupa bersihkan telinga sebelum ujian pakai cotton buds, pakai linggis bila perlu. Jangan sampai ketika ujian Listening kamu gak bisa jawab karena kotoran di telinga menumpuk, hingga pendengaran terganggu :p :p :p 


-Manajemen waktu. Listening merupakan bagian dalam tes AcEPT yang memiliki rentang waktu menjawab terpendek. Jeda waktu antara satu soal dengan soal lain nya untuk berfikir dan menjawab cuma sekitar 10 sampai 15 detik. Gunakan seefisien mungkin.


-Ketika anda belum selesai menjawab satu soal,sementara soal lainnya sudah dibacakan, tinggalkan soal yang sebelum nya, Atau lingkari jawaban secara acak saja. Penting dicatat, apabila jawaban anda salah, tidak ada pengurangan nilai. Jadi jawab saja secara ngarang atau sembarang, bila tidak tahu jawaban dari soal yang ada. Tips ini juga berlalu pada part ujian lain nya.


-Jangan terkecoh. Sepengalaman saya dalam part lisening kemaren, dari ke empat opsi jawaban yang ada, semuanya hampir-hampir mirip satu sama lain. Baca dulu keempat opsi yang ada sebelum fokus mendengar percakapan. Kata-kata yang diulang pada setiap opsi, jawaban, maka itu ialah TEMA utama dari percakapan. Kemudian dengar percakapan dengan fokus tinggi, baru kemudian pilih opsi jawaban yang paling sesuai. Makanya, manajemen waktu disini sangat penting. Kalau bisa, anda mengerjakan tiap soal dalam waktu 5 hingga 8 detik, sehingga ada beberapa detik sisa sebelum soal selanjutnya untuk membaca sekilas opsi jawaban untuk soal selanjutnya, dan menerka-nerka tema utamanya.


-Jangan khawatir dan nervous. Secara keseluruhan saya mengatakan bahwa soal listening AcEPT  masih lebih mudah dibanding soal Listening TOEFL. Vocabulary nya juga lebih sederhana dan mudah.


-Vocabulary. 30 Soal, 20 Menit

Part ini nih yang tidak terdapat dalam ujian TOEFL. Intinya, dalam part vocabulary peserta diminta untuk mencocokkan sejumlah opsi vocab yang ada ke dalam suatu teks. Nah, pada part vocabulary ini terdiri dari dua bagian :

Bagian pertama yaitu Cloze test terdiri dari tiga teks singkat dan setiap teks memiliki lima pertanyaan, sehingga ada 15 pertanyaan secara keseluruhan.


Contoh:

The shark has senses specially (1)_____ the animal’s life underwater. Smell is a shark’s most acute sense. Approximately 70 percent of the shark’s brain is used for smelling functions. Experiments have shown that sharks can detect prey (2)_____ by smell, and the hungrier the shark, the less stimulant needed to elicit a reaction.

Sharks are sensitive to light and can detect certain objects even in murky water. Some have a mirror-like layer under the retina that reflects incoming light and increases the (3)_____ light available to the eye.

Sharks can also sense electric and magnetic fields. Sensory pores located on the shark’s head can detect a prey’s bioelectric field (4)_____ if the prey is buried in sand. A shark can also detect the Earth’s magnetic field. Open-ocean sharks may use this information to (5)_____ and orient themselves.

1. A. appointed by                                           C. figured out

B. invented for                                                  D. designed for



2. A. timidly                                                        C. solely

B. hardly                                                              D. disorderly



3. A. prominence of                                        C. odor of

B. disposal of                                                     D. amount of



4. A. even                                                            C. however

B. as                                                                       D. even though



5. A. sink                                                              C. crawl

B. navigate                                                      D. Thrust



Part kedua yaitu Collaction menguji pengetahuan kosakata peserta tes mengenai pasangan kata dalam bahasa inggris. Terdapat 15 pertanyaan dalam bagian ini. Untuk dapat menyelesaikan bagian ini dengan baik, peserta tes harus mempunyai kosakata yang cukup dan pengetahuan tentang pasangan kata yang baik karena tidak ada petunjuk untuk memilih jawaban yang tepat.

Contoh: Bill realized that he had ________ a mistake by mentioning her father’s name to the board of education.

1.       Done

2.       Undergone

3.       Made

4.       Produced



 Tips

Banyak –banyak saja berlatih membaca teks dan buka kamus kalau menemukan kosakata yang tidak akamu ketahui.

Jangan lupa manajemen waktu. Usahakan dalam mengerjakan tiap soal jangan lebih dari 30 detik, kalau bisa 20 detik, sehingga nanti masih ada sisa waktu untuk mengecek kembali jawaban anda. 


-Grammar And Structure. 40 Soal, 40 Menit

Jujur saja, sebelum ujian AcEPT dimulai, saya sadar dari kesemua aspek materi bahasa Inggris, saya paling rendah dalam bidang Grammar. Maklum lah, selama ini modal bahasa Inggris saya cuma lancar dalam Reading, Listening, dan Speaking. Speaking nya pun saya dapat dari kebanyakan nonton film Barat, jadi maklum aja kalau kalimat-kalimat yang saya hafal malah sebagian besar juga slank language seperti : Shut up your Fu*king mouth, What the H*ell, you su*k, you fu*king idiot, Motherfu*ker, As*hole dll ( Nb. Bagi yang belum tahu makna kalimat diatas, tolong jangan di lafalkan ke orang lain, apalagi guru bagasa inggris kalian, bisa kena damprat nanti :p). Nah, berbekal dari kesadaran diri saya akan lemahnya Grammar saya, (ceileh) maka saya pun rela beli buku latihan TOEFL yang tebel sama buku-buku Grammar lainya. Saya kemaren membeli buku Barron’s : Practice Exercise for The Toefl sebagai bahan latihan saya. Selain itu juga minjem buku Grammar karangan Betty Schrampfer. Tentu saja ada beberapa refrensi lain nya, tapi dua buku itu yang bener-bener saya fokus untuk pelajarin. And Guess What ? It worked. Ketika mengerjakan part Grammar and Structure, saya tidak mengalami kesulitan berarti (Sombong dikit :p). Soal-soalnya jauh lebih mudah daripada soal Grammar TOEFL yang saya pelajari sehari-hari sebelum ujian. Logikanya, kalau anda sudah bisa mengerjakan latihan Grammar TOEFL, maka Grammar pada tes AcEPT pasti juga bisa, karena ia lebih mudah. 


Oke, jadi pada Grammar and Structure tes AcEPT terdiri dari tiga bagian : Sentence Completion, Cloze Test, dan Error Identification. 


Sentence Completion

Pada bagian ini, peserta diminta untuk memilih memilih opsi jawaban yang paling sesuai untuk melengkapi kalimat atau sentence yang tersedia.

Contoh :


1. Traditionally, __________in New England on Thanksgiving Day.
(A) when served is sweet cider
(B) when sweet cider is served
(C) is served sweet cider
(D) sweet cider is served


Jawaban soal diatas ialah D.
Cloze Test

Nah, pada Cloze test ini akan ada semacam teks pendek yang mana ada beberapa kata yang sengaja dihilangkan. Peserta diminta untuk mengisi kata yang kosong tersebut dengan opsi pilihan kata yang paling tepat.

Contoh :


When he was 21 years old, Thomas Edison (1)_____ his first patent. It was for an electric vote counter (2)_____ in the United States House of Representatives. The machine worked perfectly, but the congressmen (3)_____ it. They did not want vote counting to be done quickly.
This experience (4)_____ the young inventor a lesson. He decided to follow a simple rule: “First, be sure a thing (5)_____ or needed, then go ahead.”

1. A. take out C. was taken out
B. took out D. had taken out

2. A. used to be C. had used
B. used D. to be used

3. A. not buy C. had not buy
B. would not buy D. was not bought

4. A. were teaching C. taught
B. has taught D. was taught

5. A. is wanted C. wanted
B. wants it D. had wanted

Jawaban :
1.D, 2.D, 3.B, 4.C, 5.A

Error Identification
Pada Error Identification, peserta diminta untuk memilih susunan kata dalam suatu kalimat yang menyalahi kaidah Grammar.

Contoh :
 For years, elephants were hunted [A] for food and ivory, and as a result theirs [B] numbers [C] have been greatly [D] reduced.
Jawaban nya ialah B

Tips :

Banyak-banyak berlatih dengan soal Grammar TOEFL. Apabila kamu sudah lancar dengan soal Grammar TOEFL, maka pasti bisa dengan lancar mengerjakan soal Grammar AcEPT.



-Reading. 40 Soal, 40 Menit

Nah, ini nih yang kata orang orang merupakan bagian yang tersulit dibanding bagian lain nya. Memang sih, menurut pengalaman saya, tes Reading ini termasuk susah, namun bukan berarti ia tak dapat dikerjakan. Terdapat lima teks dalam section Reading ini, yang mana tiap teks memiliki delapan soal. Teks yang ada pun memiliki tema yang sangat beragam. Seingat saya kemaren, saya mendapat tema mengenai lisensi keperawatan dunia, dan dinamika industry pangan di Amerika.

Contoh Soal :



The planet Mars has always captured the human imagination. There is its redness. We know now that the color comes from chemical reactions that long ago locked up Mars's oxygen in reddish minerals on its surface, causing the "rusting" of the planet. To the ancient people, the red color meant only one thing: blood. From the earliest times, Mars has been associated with bloodshed. Even the astronomical symbol for Mars, a circle with an arrow pointing at 2 o'clock, is supposed to represent a shield and a spears.


As astronomers used telescopes, Mars mythology grew. It was the Italian astronomer Giovanni Schiaparelli who, in 1877, produced the most lasting bit of Martian folklore. He saw what he took to be long, thin, unnaturally straight lines on the Martian surface. He called them canali, a word that can translate into English either as "channels" or "canals." Unfortunately, the latter translation was used, and the canals of Mars were born. Of course, if there were canals, there had to be canal builders, so once more Mars was peopled with all manner of intelligent life forms!


In 1965 Mariner 4 sent back first close-up pictures of the Martian surface. Not only were there no canals, but Mariner 4 and the spacecraft that followed revealed a planet that was a cratered, lifeless desert. We have subsequently learned that Mars is home to Olympus Mons, the largest volcano in the entire solar system, and to a canyon system stretching for almost 3,000 miles around the Martian equator. The atmosphere is extremely thin (equivalent to that at 130,000 feet above Earth) and made up almost entirely of carbon dioxide. The surface is cold, almost never getting above freezing even at the summertime equator.


Perhaps the greatest surprise were the photographs from Mariner 9 in 1971 and 1972 that showed channels on the surface. Now these were not Schiaparelli's canali there's, no way these channels could be seen by even the most powerful earthbound telescope. They are unmistakable water courses, however. There is no water in them now, but they trace out the path of water that flowed in the past. They are like the dry river of the American West, through which water from rain flows, but which are dry most of the time. Water once ran on the surface of Mars.


New explorations on Mars by the spacecraft Pathfinder, due to arrive on the planet's surface in 1997, are planned to give scientists more information about possible past life on Mars. One of Pathfinder's missions will be to lay the foundation for future efforts to find fossil remains of living things. The landing site for the Mars Pathfinder is going to be the mouth of a flood channel called Ares Vallis.



1. It can be inferred from the passage that myths about Mars

(A) are widely believed today

(B) have been dispelled by current space exploration

(C) are based on scientific facts

(D) depict it as a lifeless planet



2. Which of the following have NOT been a source of information about Mars?

(A) Spacecraft

(B) Telescopes

(C) Conjecture

(D) Astronauts

3. The phrase "the latter" in line 21 refers to

(A) canals

(B) canali

(C) channels

(D) unusual straight lines



4. Where in the passage does the author give information about the topography of Mars?

(A) Lines 2-6

(B) Lines 26-32

(C) Lines 38-46

(D) Lines 58-62



5. The word "powerful" in line 46 is closest in meaning to

(A) expensive

(B) dominant

(C) influential

(D) strong



6. According to the passage, the redness of Mars is a result of

(A) a chemical reaction on the planet surface

(B) the old age of the planet

(C) the reflection of the Sun

(D) an abundance of oxygen in the planet's atmosphere



7. Why do scientists think that the channels of Mars were waterways?

(A) Bones have been found there.

(B) They still have a little water in them.

(C) They resemble a similar system on Earth.

(D) They are straight and narrow.



8. According to the passage, Pathfinder's mission to Mars includes

(A) preparing for future fossil-finding expeditions

(B) placing specialized equipment on the planet's surface

(C) checking for flood damage

(D) bringing back fossils for further study



Kunci Jawaban

1.B, 2.D, 3.A, 4.B, 5.D, 6.B, 7.C, 8.D


Tips :

-Manajemen waktu sangat penting disini. Jangan terlalu lama mengerjakan satu soal, cukup antara 10 sampai 15 detik. Sisa waktu yang 15 detik lagi akan kamu gunakan untuk membaca teks. 


-Membaca teks menggunakan metode scanning. Jangan terlalu detail dan lama dalam membaca teks yang ada, baca menggunakan sistem cepat saja. Apabila ada kosakata yang tidak dipahami dalam teks tersebut, lewati saja. Intinya, anda harus menangkap tema utama yang tertulis dalam teks tersebut, bukan makna tiap kata nya. 


-Berlatihlah sebelumnya dengan banyak membaca artikel-artikel berbahasa Inggris. Bacalah artikel-artikel yang memiliki tema yang beragam, karena dalam Reading AcEPT, tema nya sangat beragam.

Composing, 40 soal, 40 menit

Composing

Satu lagi nih yang membedakan tes AcEPT dengan tes TOEFL, terdapat bagian Composing. Intinya Composing itu untuk mengetes kemampuan peserta dalam mengorganisir susunan kalimat, atau kelanjutan suatu kalimat. Bentuk soal nya pun beragam, misalnya : 


In this Question, you are required to choose the most appropriate paraphrased sentence closest in meaning to the original one.


1. There are probably more than 10 billion trees under cultivation on the coffee plantations of the world.

(A) More than 10 billion people cultivated coffee in plantation around the world.

(B) May be more than 10 billion trees are cultivated on the coffee plantations in the world.

(C) More than 10 billion coffee trees in the world are planted under supervision.

(D) Cultivating more than 10 billion trees on the coffee plantation is probably not an easy thing to do.

Contoh lain nya :

In this question, You are required to identify the correct order to form a good paragraph. 
 1. Thorough chewing cuts food into small pieces that are more easily attacked by the saliva, which moistens the food so it can be swallowed easily.
2. Digestion begins in the mouth, where the food is cut and chopped by the teeth.
3. From the mouth the food is swallowed into the tubelike esophagus, or gullet.
4. The saliva also contains the enzyme amylase, which changes some starches into simple sugars.
5. The tongue helps mix the food particles with a digestive juice called saliva, which is secreted by glands in the mouth.
A. 2-3-1-4-5 C. 2-5-1-4-3
B. 2-5-4-3-1 D. 2-3-5-1-4


Beberapa tips dan saran lumayan penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam ujian AcEPT

1.      Datang tepat waktu ketika ujian. Ujian AcEpt mesyaratkan peserta agar datang 30 menit sebelum ujian dimulai. Jangan sampai kamu terlambat, agar juga bisa mengecek denah tempat duduk kamu. 


2.      Jangan lupa sarapan sebelum ujian. Serius, ujian AcEPT itu cukup menguras energy dan konsentrasi. Saya sendiri setelah ujian langsung laper bawaan nya, langsung deh makan nasi ayam dua piring di warung pinggir jalan disekitar sana, haha. So, sarapan sangat penting sebelum ujian AcEPT biar ada tenaga buat ngerjain tes nya. Tapi jangan kebanyakan juga, ntar yang ada malah ngantuk lagi bawaan nya pas ujian


3.      Mandi sebelum ujian, sekalian buang air kecil dan besar sekaligus. Jangan sampai ketika pas udah mulai ujian, kamu bolak balik kamar mandi. Walaupun diperbolehkan pengawas, hal tersebut akan mengurangi waktu kamu buat untuk mengerjakan tes. 


4.      Manajemen waktu sangat penting di tes AcEPT ini. Sebab, ketika waktu untuk mengerjakan satu bagian sudah habis, maka kita harus beranjak mengerjakan ke bagian setelahnya, tidak boleh kembali  ke bagian yang sebelum nya. 


5.      Siapkan pensil 2B, rautan, dan penghapusnya dari hari sebelumnyaagar tidak repot ketika hari H.


6.      Jangan nervous atau gugup, karena itu malah akan mengganggu konsentrasi kita. Rileks aja. Kalau ngerjain tes ini aja kamu dah gugup, gimana nanti pas Ijab Qobul nikah, bisa pingsan malahan :p 


7.      Belajar lah dari jauh-jauh hari. Jangan menggunakan Sistem Kebut Semalam. Untuk contoh materi tes AcEPT akan saya posting pada post berikut nya


8.      Yang terakhir, jangan lupa berdoa dan minta doa dari kerabat, agar dipermudah dalam tes. 


Alhamdulillah, saya sendiri sudah lulus dalam sekali ujian dengan skor yang lumayan lah, 275. Walau banyak orang yang katanya sudah mengikuti tes AcEPT hingga berkali-kali, termasuk pacar saya ( Sekarang udah mantan, hiks hiks, Galau) yang hingga 5 kali ikut ujian tapi belum lulus juga. Yah, mungkin ini rezeki anak soleh kali ya :D


Demikian pengalaman dan tips yang saya berikan dalam mengikuti ujian AcEPT UGM. Semoga bisa membantu sobat-sobat yang hendak mengikuti ujian ini juga.. Dan mohon doakan agar saya bisa segera dapat jodoh dan menikah (Gak nyambung) 


See u in next post, Good People ^_^

2 komentar: