Jumat, 03 Oktober 2014

Agar Menulis Skripsi dan Tugas Akhir Lancar

Agar Menulis Skripsi dan Tugas Akhir Lancar


Kawan-kawan sekalian yang sedang menjalani bangku perkuliahan, cepat atau lambat akan menghadapi yang satu ini, Skripsi. Bagi beberapa orang skripsi ini bisa dianggap sebagai momok yang menakutkan, bahkan sampai ada yang telat beberapa tahun kuliahnya karena terhambat dalam masalah tugas akhir. Namun bagi sebagian orang ada juga yang skripsinya lancer dan bisa lulus tepat waktu. Disini saya hendak berbagi beberapa tips untuk kawan-kawan sekalian berdasarkan pengalaman saya yang telah menyelesaikan sarjana strata satu, bagaimana agar skripsi bisa selesai dengan baik, utamanya bagi teman-teman yang sedang berjuang menyelesaikan tugas akhirnya….

1.                  Niat dan Tekad
Kenapa niat yang diletakkan di urutan pertama ? itu karena Tanpa niat maka segala pekerjaan pun tidak akan dijalankan. Niat dan tekad yang kuat pada awalnya ialah setengah dari perjalanan kita dalam melaksanakan sesuatu, termasuk dalam penulisan skripsi ini. Sebelum kita memulai menulis skripsi, canangkan dulu niat dan tekad yang kuat dalam diri kita untuk menulis skripsi dan harus bisa selesai dalam waktu yang ditargetkan. Bilamana niat dan tekad untuk menulis skripsi sudah bulat dan kuat, maka percayalah, skripsi pasti akan cepat selesai. Maka tidak salah, dalam salah satu pribahasa Arab berbunyi : Innama al’amaalu binniyaat, wa innamaa likullimriin maa nawaa. Sesungguhnya segala sesuatu bermula dari niat, dan tiap orang akan memperoleh apa yang ia niatkan.


2.                  Tentukan Tema  yang Hendak di Teliti
Sebenarnya skripsi adalah sebuah penelitian, walaupun mungkin masih berskala kecil. Disini kita dituntut bisa untuk menganalisa dan mengkritisi sesuatu. Nah, dalam menentukan tema yang hendak diteliti dalam skripsi pun tidak bisa sembarangan. Paling tidak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya ialah Carilah tema yang menarik minat anda. Seharusnya dalam bangku perkuliahan pasti akan ada salah satu wacana atau topic yang menarik minat anda. Itu bisa menjadi titik awal dalam penentuan tema skripsi anda. Dengan menentukan tema skripsi yang memang menarik minat kita, maka dalam penulisan skripsi nanti pun kita tidak akan merasa jenuh atau bosan, karena kita memang sudah intest kepada hal tersebut.

3.                  Istiqomah Dalam Menulis
Percayalah, hal utama yang membuat skripsi lama selesai adalah rasa MALAS. Memang, rasa malas atau jenuh akan sesekali datang ketika proses pengerjaan skripsi, nah disinilah kita membutuhkan keistiqomahan dalam menulis. Karena bila rasa malas datang, maka otomatis kita akan berhenti menulis skripsi. Kalau sudah sekali berhenti menulis, maka hal tersebut akan berkelanjutan, dan untuk mulai menulis lagi rasanya akan berat lagi.

4.                  Tulislah, Walau Cuma Satu Lembar atau Satu Paragraf Perhari

Nah, hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Biasakanlah tiap hari untuk menulis skripsi, jangan sampai berhenti menulis skripsi sama sekali dalam sehari. Sekali kita berhenti menulis dalam satu hari, maka pada hari-hari selanjutnya akan berhenti menulis juga, dan bila hal ini berkelanjutan, maka dapat dipastikan kalau skripsi tidak akan selesai. Pengalaman saya sendiri, kalau sudah berhenti menulis, maka akan berkelanjutan pada ahri-hari setelahnya, dan untuk memulai menulis lagi, maka akan terasa sangat berat. Karena menulis itu merupakan suatu pembiasaan.

5.                  Sering-sering konsultasi ke dosen pembimbing
Sebagai mahasiswa, kita pasti selalu butuh bimbingan dan arahan dari dosen, apalagi dalam penulisan skripsi. Selain itu, konsultasi ke dosen pembimbing akan menambah kedekatan hubungan kawan-kawan dengan dosen tersebut dan akan mempermudah cepat nya selesai penulisan skripsi (Karena kalau udah dekat sama dosen pembimbing, pasti akan mudah dapat tanda tangan persetujuan, bahkan kalau perlu tiap kali konsultasi ke dosen pembimbing bawa saja buah-buahan atau sesuatu untuk dosen, sedikit sogokan gak apa-apa lah, haha :D)

6.                  Jangan Terlalu Idealis, Realistis aja.
Seringkali ketika kita menulis skripsi akan timbul perasaan “ ah kayanya di bagian ini masih kurang ini. Kayanya di bagian ini masih butuh revisi dan penambahan hal ini” dan lain sebagainya. Sebenarnya hal inibagus untuk menambah kualitas skripsi kita hingga semakin bagus. Tapi jangan terlalu terfokus kepada hal tersebut, sehingga kadang kita lupa kalau dalam penulisan skripsi itu ada batas waktu akhirnya. Realistis saja. Karena sebaik-baiknya skripsi bukan yang bagus isinya, tapi yang telah selesai tepat waktu dan telah masuk ruang sidang


Demikian beberapa tips dan trik dalam penulisan skripsi untuk kawan-kawan sekalian. Semua tips ini saya dasarkan pada pengalaman pribadi saya dan teman-teman di kampus dalam penulisan skripsi. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat bagi kawan-kawan yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya…. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar