Minggu, 19 Oktober 2014

Review Game Harvest Moon Back to Nature

Review Game Harvest Moon Back to Nature

A Real Life Simulation Game…



Apa yang membuat anda jatuh cinta atau tertarik untuk memainkan game tertentu sampai berjam-jam, meluangkan waktu anda untuk sekedar melanjutkan permainan game anda, bahkan sampai rela bergadang semalaman ? Gameplay yang menarik, grafik yang menawan, karakter yang seksi atau menawan, Al yang pintar atau hanya sekedar mencari fanservice dalam game tersebut ?

Sebagai gamer, tentu saja anda bebas untuk menentukan genre game apa yang hendak anda mainkan. Action, horror, fighting, sport, survival, defense tower atau lain sebagainya. Tetapi bagaimana bila dalam game tersebut anda berperan sebagai diri anda sendiri, menentukan setiap langkah yang harus diambil beserta setiap konsekuensi yang harus diterimanya. Berusaha untuk menjalani hidup sehari hari dengan sebaik mungkin, mencari uang, pergi bertani, memancing, bersosialisasi dengan warga sekitar, mencari pasangan hidup, sampai menikah bahkan mempunyai anak. Selamat datang di Harvest Moon : Back to Nature, sebuah game simulasi tahun 2000 an. Anda yang sudah pernah merasakan konsol PS 1 pasti harus mengenal game ini, kalau tidak, masa masa kecil anda tidak bahagia, haha.. :p

Untuk sebuah game yang telah lewat masanya hamper satu dekade, Harvest Moon BTN ini masih menarik perhatian banyak gamer hingga sekarang (termasuk saya sendiri, hehe). Lantas sebenarnya apa sih yang menarik dari game ini. Berikut ulasannya….

Story
Sebuah desa yang indah, damai dan tenteram, dimana warganya, yang wakaupun sedikit hidup berdampingan dan saling menghargai. Anda akan berperan sebagai pendatang baru di desa tersebut, dimana diberi warisan oleh kakek anda untuk mengelola lahan pertanian yang ada dalam waktu tiga tahun. Disinilah kehidupan anda dimulai.

Plot diatas mungkin bisa dikatakan sederhana, bahkan sangat sederhana. Tapi justru karena kesederhanaan nya itulah game ini sangat mudah dipahami dan dimainkan oleh gamer segala umur. Disinilah letak menariknya, dimana gamer diminta untuk membuat sendiri plot ceritanya berdasarkan setiap tindakan dan  keputusan yang anda ambil.

GamePlay
Permainan dalam game ini sangat simle sebenarnya, dimana anda hanya diminta untuk menjalankah kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Maka dari itu, ada segudang aktivitas yang bisa anda jalankan, mulai dari bertani, beternak, pergi memancing, mengikuti perayaan atau perlombaan yang diadakan desa, mencari bahan tambang, belanja, bahkan sampai memberi hadiah kepada warga untuk menambah kedekatan anda dengan atau melakukan PDKT kepada gadis idaman anda di desa tersebut ( kalau ane pdkt nya sama Ellie, keibuan, cantik, sabar, telaten, kalem, lengkap dah, walaupun gak bisa masak sih, haha )

Bertani akan menjadi salah satu dari sekian banyak aktivitas yang anda lakukan
Setiap tindakan atau pekerjaan yang dilakukan oleh karakter akan mempengaruhi permainan. Misalnya terlalu memforsir untuk bekerja di pertanian, maka anda bisa jatuh sakit, atau bangun kesiangan besok paginya. Memberi hadiah kepada warga akan menambah kedekatan kepada warga tersebut yang biasanya akan memberi imbalan khusus kepada anda. Rajin mengikuti festival maka hubungan anda dengan warga akan semakin baik, dan akan semakin dikenal. Dan masih banyak hal lainnya yang berakibat pada konsekuensi tertentu.

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa anda lakukan, maka permainan pun akan terasa aktif dan tidak membosankan. Walaupun hanya bersetting tempat yang hanya itu-itu saja (kota mineral town), tetapi permainan akan terasa sangat seru. Terlebih game ini memungkinkan anda untu menikah dengan salah satu gadis yang ada di kota ini. Ada lima gadis yang bisa anda nikahi di sini : Ellie, Marrie, Karen, Ann, dan Popuri. 

Which one you'll choose ? Me : Ellie... :)

Setiap gadis mempunya karakter dan kesukaannya masing-masing. Anda pun tidak bisa langsung menikah begitu saja, harus melakukan pendekatan dahulu, memberikan hadiah yang dia sukai, sampai membuat dia mencintai karakter game anda,  harus sudah mapan, rumah yang sudah besar, sudah menjadi petani yang sukses, barulah anda bisa menikahinya ( persis sama kalau mau pdkt sama pacar di dunia nyata, haha).

Intinya dari segi gameplay, Harvest Moon BTN ini memberikan suatu mekanispe permainan yang benar-benar menarik, aktif,atraktif, dan mengasyikkan. Walaupun anda hanya diminta untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, namun disitulah letak poin utamanya, menjalani hidup sebaik mungkin ( Udah benar-benar kaya hidup di dunia nyata beneran)

Grafik
Untuk game yang telah lewat hamper satu decade, tentu saja grafiknya sudah ketinggalan dengan konsol game era sekarang. Tetapi pada zamannya, grafik seperti ini sudah bisa dikatakan sangat maju dan bagus. Setting tempat dan karakter digambarkan dengan indah, imut dan lucu. Ditambah lagi dengan adanya beberapa cutscene yang sangat menarik dan atraktif ( Ana paling suka cutscene pas perayaan harvest Goddess sama festival kembang api di pantai, bagus banget)

And The Conclusion is…

Gara-gara begadang main ini game dan kesiangan, Sampe dibangunin istri buat shalat jum'at, haha....
This Game is quite awesome and wonderful. Semuanya indah dan luar biasa. Tidak ada kata bosan dalam memainkan game ini walaupun sudah lewat lebih dari satu dekade dari pertama kali munculnya. Plot cerita yang simple but gold, gameplay yang atraktif, grafik yang terkesan imut dan indah, sampai alunan soundtrack yang menyentuh. Saya sendiri yang kembali memainkannya dengan PS Emulator setelah sekian lama, bahkan sampai rela berjam-jam menghabiskan waktu di depan PC untuk kembali merasakan nostalgia manis dengan game ini. Thanks Harvest Moon BTN…

Kelebihan
1.      Plot cerita yang simple tetapi menarik
2.      Mekanisme permainan yang atraktif
3.      Grafik yang indah dan imut
4.      Lantunan Soundtrack dan backsound yang indah
5.      Segudang aktivitas dan kegiatan yang bisa dilakukan
6.      Cutscene yang menarik
7.      Ada fitur menikah
8.      And Every aspect in this game become it’s feature.

Kekurangan
Tidak ada kekurangan dalam game ini, All Perfect…

Overall Result : 5/5



Tidak ada komentar:

Posting Komentar