Minggu, 29 Juni 2014

Tips Menulis Resensi Buku

Tips Menulis Resensi Buku

Bagi sahabat blog “Blue Sky”, mungkin ketika ada tugas atau hendak membuat resensi buku, sahabat merasa kesulitan. “Gimana cara buatnya?” langkah-langkahnya gimana aja ? “Yang harus diresensi itu apanya?” dan pertayaan-pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan resensi itu sendiri.

Sebelum kita beranjak ke langkah dan cara meresensi, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu resensi. Secara garis besarnya, resensi adalah membuat ringkasan atau menilai suatu buku. Dalam sebuah resensi buku, kita harus membuat review mengenai buku tersebut, memberi nilai, ataupun kritik terhadap buku tersebut. RIngkasnya, dalam sebuah resensi, kita bertindak sebagai ‘judge’ yag=ng membedah isi buku tersebut. Karena tujuan dari resensi sendiri adalah member kan masukan kepada pembaca lainnya, apakah buku tersebut layak dibaca atau tidak. Apakah buku tersebut memiliki nilai untuk dibaca ? seberapa bermanfaat nya buku tersebut untuk dibaca. Dan semua itu dapat diketahui dengan membaca resensi dari buku tersebut. Nah, disinilah tugas kita sebagai peresnsi buku dapat menyajikan uraian mengenai buku tersebut.

Merensi Buku
Perlu diketahu juga, meresensi buku berbeda dengan meresume atau meringkas buku. Bilamana meresume atau meringkas buku itu seperti mengambil intisari dan kesimpulan dari tiap-tiap bab dalam buku tersebut, tanpa memberi penilaian atau kritikan terhadap buku itu, maka meresensi juga member penilaian dan kritik terhadap buku tersebut. Selain itu, dalam resensi juga tidak terlalu mengambil kesimpulan dari buku sebanyak sebagaimana dalam resume atau meringkas.

Berikut ini adalah beberapa langkah dan tips dalam meresume buku :

1.                  Ketahui dulu buku apa yang ingin kita resensi.
Ada berbagai jenis buku :Novel, Penelitian, FIlsafat, agama, motivasi dan sebagainya. Seorang peresensi yang baik dapat mengenal terlebih dahulu buku apa yang hendak diresensi,  bisa dengan cara membacanya terlebih dahulu, atau memberi catatan-catatan penting.

2.                  Fokus pada satu genre buku
Sebenarnya tidak ada larangan dalam meresensi berbagai jenis buku sekaligus, tapi bilamana sahabat fokus pada satu genre buku saja, novel misalnya, maka daya analisis dan kemampuan resensi kita akan lebih tajam dan bagus dalam meresnsi buku.

3.                   Buat catatan.
 Ketika membaca buku yang hendak diresensi, buatlah catatan-catatan dari poin-poin penting dari buku tersebut. Sehingga ketika meresensi nanti, catatan tersebut dapat menjadi bahan.

4.                  Memberi penilaian terhadap buku tersebut
Disini poin penting dari resensi buku. Ketika menulis resensi, kita harus memberi penilaian terhadap buku nya. Misalnya kita hendak meresensi novel, maka berilah penilaian terhadap novel itu, apakah novel itu plot ceritanya bagus atau tidak, bergenre apa : Sci-fi, romance, humor, thriller, misteri atau sebagainya. Apakah bahasa penulisannya bagus atau tidak,mudah dicerna atau tidak, editing penulisannya bagus atau tidak, bahkan hingga hal-hal yang bersifat teknis seperti pemilihan cover sesuai atau tidak, font yang digunakan untuk menulis sesuai atau tidak dan lain sebagainya. Jadi sebagai peresensi, kita memberikan berbagai penilaian terhadap buku tersebut dari berbagai sisi.

5.                  Sesekali harus merujuk kepada penulis buku dan pada halaman tertentu
Resensi bukan hanya tentang penilaian kita, tapi juga tentang apa dan isi buku tersebut. Sesekali peresensi harus merujuk kepada halaman tertentu pada isi buku yang dapat menguatkan pendapat kita dalam meresensi.

6.                  Buat Perbandingan
Sebagai langkah berikutnya, peresensi dapat membuat perbandingan buku yang kita resensi dengan buku lain yang berjenis sama, sehingga pembaca dari resensi kita dapat menilai seberapa bagusnya buku yang kita resensi.

Demikian lah beberapa tips dan langkah dalam resensi buku, semoga dapat membantu sahabat sekalian yang hendak membuat sebuah resensi buku. Untuk melihat contoh resensi buku, sahabat dapat melihat contoh resensi yang saya tulis dalam postingan sebelumnya. Selamat Merensi… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar